LIGHTVIEW 7 - Kampanye Wawasan Budaya Melalui Game Nguri Budaya

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan budayanya, banyak dari kita yang baru mengetahui sebagian kecil dari karya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini pula yang bisa jadi persoalan mengapa terjadi klaim atau pencurian kekayaan budaya kita oleh negara lain. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja sih kekayaan budaya di Indonesia. 

Semakin majunya zaman budaya bangsa Indonesia secara lambat laun terus luntur, sekaligus mengalami degradasi. Padahal budaya tersebut merupakan identitas suatu bangsa, budaya juga merupakan aset yang harus dipertahankan dan terus dikembangkan. Nilai kebudayaan telah melekat di dalam masyarakat Indonesia, nilai-nilai kebudayaan tersebut sangat beragam antara wilayah 1 dengan wilayah lainnya. 

Namun di era sekarang ini nilai kebudayaan di dalam masyarakat telah mulai meluntur bahkan ada sebagian yang mulai menghilang. Salah satu penyebabnya adalah era globalisasi yang dapat menggeser nilai-nilai kebudayaan yang telah melekat di dalam masyarakat Indonesia. 

Banyak para remaja sekarang ini yang tidak mengenal dengan kebudayaan daerahnya sendiri, mereka lebih mengenal budaya asing yang sangat bertentangan dengan budaya Indonesia. karena nilai-nilai kebudayaan dari berbagai Negara dengan mudah tersebar luas karena alat-alat komunikasi yang kian canggih dan maju. Tetapi sangat disayangkan generasi kita malah semakin melupakan , dan hal hal ini pada akhirnya menimbulkan degradasi budaya .
Credit Image : Ethrean

Dengan perkembangan dunia teknologi dan infromasi yang sangat pesat ini, berbagai macam media telah berhasil diciptakan. Salah satu media yang saat ini mulai banyak digemari oleh masyarakat adalah media Game. Game sendiri menjadi salah satu dari sekian media yang digemari oleh semua kalangan masyarakat karena sifatnya menyenangkan dan sebagai penghilang rasa stress. 

Selain itu munculnya ponsel pintar atau Smartphone semakin membuat para pemain game menjadi lebih banyak karena dapat memainkan game kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan pemainnya. 

Dikarenakan banyaknya pengguna smartphone yang juga sering memainkan game khususnya generasi muda, hal ini dapat menjadi sebuah kesempatan atau peluang bagi pemerintah ataupun para pengembang game untuk membuat game dengan menanamkan nilai – nilai budaya dalam game tersebut.

Salah satu pengembang game dari Salatiga yaitu Enthrean Guardian telah membuat game berjudul “ Nguri Budaya“ game ini mengenalkan budaya Indonesia mulai dari kesenian, wilayah, letak geografis, pahlawan, dan lain sebagainya. 

Dengan adanya permainan ini diharapkan generasi muda ini disisi lain bermain juga dapat lebih mengenal juga budaya Indonesia dengan mengemasnya menjadi sebuah game yang menyenangkan dari berbagai kalangan masyarakat.

Dengan adanya media game ini banyak masyarakat akan mencoba karena tertarik dengan penampilan grafis dan pengemasan game yang menarik. Selain itu game Nguri Budaya ini harus didukung oleh berbagai media lainnya untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat dan membuat masyarakat ingin mencoba memainkannya. 

Media massa seperti Koran dan website berita online harus banyak memberitakan mengenai game tersebut dengan intensitas yang lebih banyak, hal ini dapat membuat masyarakat yang sebagai respon akan menanggapinya dengan mendwonload game tersebut dan memainkannya. Jika sudah dalam tahap sering memainkan game tersebut maka masyarakatpun juga lebih banyak lagi mengenal budaya Indonesia yang kaya ini.

Selain dengan pemberitaan, media televisi juga dapat menayangkan pemberitaan mengenai game Nguri Budaya untuk meningkatkan minat dari pemirsa televisi untuk mencoba game tersebut. Selain itu dengan ditampilkannya video – video permainan dalam youtube juga membuat netizen untuk memainkannya, dan setiap orang yang sudah memainkannya akan mengajak orang lain untuk mencoba game tersebut.

Sebagai orang yang hidup di zaman modern, kita tentunya tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Contohnya adalah ponsel pintar yang selalu berada di dalam genggaman tangan Anda. Namun, apakah kita sudah lupa dengan berbagai wawasan terkait Tanah Air, padahal paham sekali mengenai teknologi terkini? Game Nguri Budaya dapat membuat anda memahami dan lebih mengenal budaya yang terdapat di seluruh Indonesia ini.

Nguri Budaya merupakan game yang saat ini hadir untuk Android. Ini adalah game besutan Enthrean Guardian dengan konsep bermain sambil belajar, setidaknya dalam artian tertantu. Tidak perlu berlari atau menangkap suatu objek, pemain hanya diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan seputar sejarah dan kebudayaan di Indonesia. 

Game ini juga mengasah kemampuan budaya, geografis, dan juga sejarah yang ada di Indonesia dalam bentuk kuis. Dengan memainkan game ini, kita bisa memperkaya pengetahuan tentang Indonesia dan bisa menambah rasa cinta terhadap negara kita ini

No comments:

Powered by Blogger.