DATALIGHT 3 - Rating Film Versi MMPA



Di Amerika Serikat, lembaga yang bertugas mengklasifikasikan film-film untuk diperingkat (rating) sesuai dengan sasaran penontonnya adalah MPPA (Motion Picture Association of America). MPPA mengklasifikasikan film berdasarkan tema, bahasa, kekerasan, ada adegan telanjang atau tidak, seks, dan penggunaan obat-obatan yang berlaku di AS. Jadi meski sudah diklasifikasi MPPA, jika film itu masuk ke Indonesia, pasti akan difilter lagi karena standar kesopanan Barat dan Timur memang banyak perbedaan.

G (General Audience)
Ini adalah kode bahwa film dengan label G, bisa ditonton oleh semua umur. Film berlabel G bebas adegan-adegan tabu, kata-kata kotor, sadis, maupun obat-obatan terlarang sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

PG (Parental Guidance)
Artinya adalah Bimbingan Orang Tua. Label PG disematkan dalam film ini karena sebagian materi dalam film belum cocok ditonton oleh anak-anak di bawah umur. Ketidaksopanan film PG ini biasanya masih sebatas kata-kata kasar atau adegan bullying ringan, sehingga orang tua wajib memberikan pengertian.

PG-13 (Parental Guidance-13)
Bimbingan Orang Tua untuk anak di bawah usia 13 tahun. Tingkatan ini lebih kuat kebutuhannya akan dampingan orang tua di banding sekedar PG saja, karena adegan-adegan tak sopan dalam film ber-rating PG-13 biasanya rentan ditiru oleh anak-anak di bawah usia tersebut. 

R (Restricted)
Film-film berlabel R adalah film yang diperuntukkan bagi usia 17 tahun ke atas. Bahkan film kartun atau animasi pun terkadang ada yang berlabel R. Di sinilah pentingnya orang tua memahami kode rating film.

NC-17 (No One and Under Admitted)
Bahkan mereka yang sudha berumur 17 tahun pun disarankan untuk jangan dulu menonton film ini sebelum usia yang lebih dewasa. Film berlabel NC-17 sarat adegan-adegan mengerikan yang belum cocok ditonton di bawah usia 17 tahun, yang ditayangkan secara gamblang.

This Film is Not Yet Rated
Frase "This Film is Not Yet Rated" artinya MPPA memang belum selesai melakukan penilaian dalam film ini, tapi sudah memberikan ijin tayang. Meski begitu, MPPA tetap akan memberikan kode peringatan berupa warna dengan keterangan seperti pada gambar berikut ini:


Standar usia penonton dalam kode warna ini pun berbeda di setiap negara. Meski sama-sama berlabel Green, batasan usia penonton film Green di Indonesia adalah 13 tahun, sedangkan di China adalah sampai 21 tahun (karena rating film di China hanya dikenal 2 warna: Green dan Black saja). Nah, dari tabel warna itu pun kita akhirnya mengetahui mengapa film pornografi disebut dengan Blue Film alias Film Biru.

Source : Sinemapedia

No comments:

Powered by Blogger.