LIGHTVIEW 2 - Pocari Sweat yang Semanis JKT48

Pocari Sweat (ポカリスエット Pokari Suetto?) merupakan salah satu minuman ringan dan minuman olahraga terpopuler di Jepang, diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Minuman ini pertama kali dijual pada tahun 1980. Di luar Jepang juga dijual pada daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Pocari Sweat mempunyai rasa ringan, relatif ringan, tidak berkarbonat dan diiklankan sebagai "Minuman pengganti ion dalam tubuh". Memiliki rasa jeruk ringan dengan sedikit sensasi. 

Bahan komposisinya adalah air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan rasa. Serta dijual dalam bentuk cairan, dapat dalam bentuk aluminium dan botol plastik namun ada juga yang dalam bentuk serbuk.

Menurut William F. Arens iklan dikatakan sebagai komunikasi informasi yang terstruktur dan disusun bukan oleh perseorangan, biasanya dibayar dan untuk secara alami umumnya membujuk tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang diidentifikasikan sponsor lewat berbagai media. 

Pocari Sweat menggunakan salah satu media elektronik modern berupa televisi sebagai media yang dimaksud untuk mengiklankan produk mereka terutama di Indonesia.

Credit Image : youtube.com
Iklan Pocari Swat ini berdurasi 30 detik dan termasuk iklan persuasive. Menurut Suyanto, iklan persuasive adalah iklan yang bersifat membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu, yang dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentuk preferensi merek, mendorong alih merek, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, dan membujuk pembeli menerima, mencoba atau mensimulasikan penggunaan produk. 

Biasanya untuk iklan berbentuk persuasi dilakukan dengan menggunakan citra merek ataupun atribut dari produk tersebut. Iklan Pocari Sweat ini sendiri diperankan oleh 4 personel idol grup JKT48 yang mana termasuk kedalam sister group AKB48 di Jepang. Pocari Sweat sendiri juga berasal dari Jepang dan JKT48 bisa merepresentasikan produk Pocari Sweat itu sendiri.

Efek yang ditimbulkan dari iklan bentuk ini adalah pemirsa secara perlahan – lahan mengalihkan persepsinya tentang atribut tertentu sebuah merek dengan kata lain mempengaruhi secara marginal mental pemirsa tentang atribut tertentu dari merek tersebut. 

Hal yang dilakukan adalah dengan memberikan pancingan – pancingan tertentu terhadap merek tersebut. Iklan Pocari Sweat ini sendiri menggunakan kata – kata “Menggantikan ion tubuh yang hilang” untuk memberikan dampaknya ke pemirsa. 

Iklan persuasi mungkin sedikit meningkatkan citra sebuah merek tetapi kadang – kadang iklan tidak bertujuan mengubah citra merek itu sendiri, melainkan citra orang yang merupakan pemakai khusus merek tersebut.

Secara umum, Tim pembuat iklan tersebut mengkonversi naskah iklan menjadi lebih “menjual” pada konsumen dengan trensetter “Menggantikan Ion Tubuh yang Hilag”. 

Selain itu pemilihan personel JKT48 juga ikut menambah nilai jual produk tersebut karena pada tahun tersebut JKT48 sedang booming di Indonesia yang mana banyak fans yang akan membeli produk tersebut hanya karena iklan tersebut diperankan personel JKT48.

No comments:

Powered by Blogger.