About Media Light



Tentang Kami
Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum mengetahui masalah media yang menimpa Indonesia saat ini. Mereka juga hanya memandang teknologi media seperti televisi atau internet sebagai sarana hiburan atau sarana berkomunikasi yang lebih luas dan efisien. 

Dengan kata lain, mereka memandang dangkal teknologi-teknologi tersebut karena mereka belum mendapatkan pendidikan mengenai media yang layak. 

Akhirnya, karena mereka hanya menggunakan media untuk kepentingan hiburan sendiri dan kemudahan semata, mereka kurang menganggap media sebagai sesuatu yang penting terhadap kehidupan mereka, dan tidak terlalu memperhatikan perkembangan konten media di Indonesia saat ini. 

Proyek ini mengambil bentuk digital agar dapat disebarkan dan dibaca melalui media sosial, bentuk media yang digunakan oleh banyak warga Indonesia, sehingga informasi literasi media dapat lebih mudah diakses.


Tujuan
- Memberikan gambaran mengenai masalah media di Indonesia saat ini
- Memberikan pengetahuan dasar mengenai literasi media
- Memberikan beberapa cara untuk membantu mengurangi masalah media

Pendekatan
Proyek ini menggunakan teori Uses and Gratifications. Pengguna internet memiliki kuasa penuh dalam memilih konten media yang ingin ia terima. 

Apabila seorang pengguna internet ingin mengetahui lebih lanjut mengenai literasi media, ia dapat membuka situs ini, dan mungkin akan menyebarkan pula situs tersebut kepada pengguna-pengguna lain yang mungkin juga tertarik. 

Model yang digunakan adalah model Cultural Studies, yang bertujuan agar audiens dapat mengerti kesalahan dalam penerapan media di masyarakat saat ini dan mengetahui langkah yang harus diambil dalam penanganan masalah tersebut.


No comments:

Powered by Blogger.